Sunday 8 March 2015

Tips Untuk Menghadapi Ulangan

Saat elu masih mengeyam pendidikan. Entah itu di SD, SMP, SMA ataupun kuliah. Elu pasti sering banget menghadapi yang namanya ‘ULANGAN.’ Yap, ulangan menurut gue sendiri, adalah sebuah proses pengulangan, materi-materi yang udah pernah diajarkan. Dan biasanya ulangan, bikin pusing.


Karena di sekolah, gue udah masuk ke akhir semester 2. Dimana ulangan menjadi hal yang akan sering, gue dan temen-temen akan hadapi, dan itu bikin biasanya pusing. Ulangan itu tantangan. Biasanya, tantangan itu harus, dikalahkan. Sebelum mengalahkan ulangan dan mendapatkan hasil yang keren. Elu harus menghadapi, ulangan tersebut.

Sekarang, gue mau berbagi. Tips untuk menghadapi Ulangan:

1. Pergunakan waktu sebaik mungkin.

Buatlah jadwal belajar sendiri, sesuai dengan mata pelajaran yang akan diujikan. Tatalah, sebaik mungkin. Pilihlah jam belajar yang, pas. Kurangi waktu bermain, elu. Jangan terlalu banyak melakukan hal ngeselin seperti: balapan liar di tengah malem. Sebab, itu buang-buang bensin.

2. Belajar dari yang sebelumnya.

Pelajari apa-apa yang akan diujikan. Banyak-banyaklah melihat catatan-catatan dan tugas-tugas sebelumnya. Carilah kesalahan yang elu perbuat di situ. Lalu cari jalan keluar. Lantas perbaiki. Belajarlah dengan style yang menurut elu, baik. Jangan pake SKS (Sistem Kebut Semalem), karena itu hanya untuk orang-orang yang gak keren, dan itu bikin pusing.

3. Menjaga kondisi.

Jagalah kondisi rohani dan jasmani, elu. Tidur yang cukup, makan yang cukup, dan bermainlah secukupnya. Buatlah kondisi diri elu sebaik mungkin, baik sebelum dan saat ulangan nanti. Jangan sampe, kondisi elu gak baik, pas ulangan. Itu bisa buat elu gak 100%. Buanglah jauh-jauh sejenak, permasalahan elu dengan pacar. Buat yang jomblo, diem aja. Gue juga jomblo, sih. “Elu?”

4. Ikut kelompok atau bimbingan belajar.

Elu merasa pusing saat belajar? Dan gak mau belajar sendirian lagi.  Masuklah ke bimbingan belajar, ** (tebak ayo!). Kok jadi promosi. Kalau elu merasa, kayak gitu. Masuk aja, ke bimbingan belajar. Atau buat kelompok belajar sendiri, yang diisi dengan orang-orang pinter. Itu sih terserah elu. Bimbingan belajar atau Kelompok belajar, dua-duanya oke. Tujuannya sama, agar elu bisa paham dengan mata pelajaran dan biar elu gak pusing, lagi.

5. Mempunyai percaya diri yang tinggi.

“Gue bisa, kok,” Percaya dirilah. Percaya kalau elu bisa menghadapi ulangan dengan keren. Percayalah dengan kemampuan sendiri itu, lebih keren dibanding dengan mengandalkan kemampuan orang lain (nyontek). Percayalah proses yang keren akan menghasilkan hasil yang keren. Percaya diri yang tinggi, akan membuat elu dapat berkonsentrasi penuh untuk ngerjain ulangannya. Jangan jadi orang yang gak percaya diri, sehingga gampang untuk ‘ikut’ nyontek. Itu gak keren, sob.

6. Lanjutkan dengan berdo'a.

Gak bisa diliat dan diraba. Itulah, do’a. Ini penting. Tuhan, itu maha pendengar. Apa-apa yang menjadi kendala untuk menghadapi ujian. Curhatlah ke Tuhan. Setelah itu berdo’a buat yang baik-baik. Berdo’a bisa buat elu tenang dan gak pusing, lagi. Tuhan juga bakalan melihat niat elu untuk ulangan, "apa sih niatnya?"

7. Jangan telat dan bangunlah pagi-pagi.

Pas hari ulangan, tiba. Bangunlah di pagi hari. Usahakan dateng lebih pagi, dari biasanya. Misal: Ulangan dimulai jam 7 pagi, datenglah jam 6 pagi. Selain gak bakalan telat. Elu juga akan lebih siap untuk ulangan. Gak deg-degan. Bisa mengulang pelajarannya, pula. Kalo elu datengnya pagi-pagi. Pas elu masuk gerbang sekolah, biasanya penjaga sekolah akan bilang, “Masih pagi, tong.”

Semua balik lagi ke elu, sendiri. Dalam menghadapi ulangan, kayak gimananya. Gue hanya bisa berbagi ini aja. Tipsnya Kurang? Tambah lagi aja. Lebih? Kurangin aja.

“Ulangan itu bikin pusing, buat elu yang gak tau cara menghadapinya.”



17 komentar

Minta doa restu ke orang tua juga penting broo

Yups, bener itu tipsnya.
Yang gak suka ulangan itu kalo gak siap, ulangan mendadak misalnya :(

ulangan itu bikin happy. buat elu yang udah ngerti materinya,...
haha

Disini pentingnya. Belajar setiap hari.

Cari waktu belajar yang pas supaya belajarnya efektif. Kadang kalo dipaksain suka ngga masuk soalnya.

kalo udah ngelakuin semuanya, terus nilai kita jelek gimana om ? :D
soalnya banyak temen-temenku nilainya jelek, bukan aku sih ahaha

Tergantung otaknya, masing-masing.

Tambahin dikit, baca baca cerita motivasi. Biar makin semangat dalam mengerjakan ulangan.

Azeg! :D

Baca cerita yang serem aja. Biar jadi, Azek.

klo ngapalin dulu aku sambil ditulis, jadi pas ulangan beneran, ga lupa...karena tulisannya dah kerekam sm otak

Gak bakalan lupa sih. Cuma ingetnya, sesaat aja. Lebih baik paham... intinya. Jangan dihafal. Tergantung sih.

Tips-tipsnya bagus, kalau gue mah belum bisa ngasih tips, soalnya gue aja kalau ada kuis garapnya masih suka rame-rame ahahahaha

Makasih sob. Kita sama-sama belajar, aja.

Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik. Saya akan menandai situs luar biasa ini dan saya ingin berkunjung lagi ke sini. Terima kasih banyak.

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon