Saturday 9 January 2016

Cerita Sesat untuk Anak Muda #BloggerDreamTeam




“Lu mau kemana?” tanya Adul kepada Yudha yang hendak bangkit dari duduk surinya.

Adul dan Yudha lagi nyari secangkir dosa di sebuah mall gubuk di ibu kota Jakarta sore itu. “Gue mau beli apel gigit versi 10 dulu. Lu mau ikut gak?” tanya Yudha sembari ngeluarin kartu kredit bergambar Teletubis nya.

“Bentar deh. Lu kan baru aja beli yang versi 9,9. Kok mau beli lagi?” tanya Adul, entah dengan perasaan iri atau prihatin kepada Yudha.

Yudha ngeluarin apel gigit dari kantong celananya, lalu nunjukin akun burung birunya dan bilang, “Yaelah, biasa aja kali. Kali aja dengan gue beli apel gigit baru, followers gue nambah satu.”

“Oke.... Tapi yang jelas, kita jadi mangkal gak nih?” tanya Adul sambil ngibasin rambutnya yang sebahu dan ngebenerin kutang kuning serta celana pendek ketatnya yang selutut.

“Jadi dong. Kan gue mau nabung untuk beli ribuan haters,” ucap Yudha sambil ngebenerin stocking bermotif polkadotnya. “Yuk jalan, Ciyn!”

Mereka berdua langsung pergi dari bangku yang sedari tadi dinodainya. Lalu mereka berkeliling mall untuk nyari om-om berhidung belang penyuka bencong. Mereka berdua emang bencong professional, mahal, dan punya ahli strategi dalem kebencongan. Karena pada dasarnya mereka adalah anak muda zaman sekarang... yang mungkin jadi begitu karena salah gaul, atau otaknya rusak digigit rayap.

Najis.

Ada satu hal yang bisa lu petik dari cerita di atas: Jadilah penulis yang cerdas dengan nulis cerita yang punya kemanfaatan. Dan, jangan buat cerita sesat kayak yang gua buat di atas! 


Sumber: http://sosiologi-world.blogspot.co.id/
Tapi gini, apa yang dialami oleh Yudha dan Adul mungkin jadi sedikit gambaran tentang zaman sekarang. Dari cerita di atas gua tau kalo Yudha ingin ngebeli apel gigit versi terbaru. Padahal dia masih punya versi lamanya yang hanya berbeda versi 0,1. Ini jelas konsumerisme, yakni perilaku ngebeli sesuatu yang gak perlu.


Sumber: https://www.cekpremi.com
Gobloknya lagi, si Yudha malah beralasan pengin beli apel gigit baru karena mau nambah followers burung birunya. Jadi selain hidup dengan konsumerisme, Yudha sepertinya adalah manusia yang cinta banget dengan kehidupan di media sosial dibanding kehidupan nyata.


Sumber: http://allfashion47.blogspot.co.id/
BENCONG. Yudha dan Adul adalah bencong. Tapi terlepas dari apa yang jenis bencongnya, Yudha dan Adul adalah contoh tentang gaya pakaian anak muda zaman sekarang yang terbuka dan bebas. Walaupun pakaian Yudha dan Adul itu untuk cewek, tapi dengan itu mereka ngasih tau kalo cewek zaman sekarang sering berpakaian bebas, ketat, dan terbuka.

Mari kita tinggalkan Yudha dan Adul. Lalu beralih ke cerita sesat yang lain.


Seorang ibu guru sedang mengajar di sebuah kelas 12 salah satu SMA di kota Bekasi.

“Kali ini kita akan belajar tentang ‘Fisika membunuh pelajar secara perlahan-lahan’. Kalian tau apa penyebabnya? Ada yang tau?” tanya ibu guru itu seraya menulis judul materinya di papan tulis.

Muridnya malah sibuk dengan aktivitas masing-masing. Ada yang pacaran, mainin media sosial, mainin pacar di media sosial dll. Saat guru itu berbalik badan menghadap ke muridnya, si guru langsung sakit hati ngeliat kondisi kelas yang diajarnya.

Keadaan kelasnya persis seperti bisul pantat yang pecah. Berantakan, penuh akan kebrutalan pelajar, dan terasa sekali hawa panas yang berasal dari dosa murid-muridnya menyergap ke seluruh isi kelas.

Tapi ibu guru itu berusaha mengendalikan situasi kelas. Sebab, awalnya ibu guru itu bercita-cita ingin jadi pelatih binatang buas. Dan, saat ini kelas yang diajarnya udah berubah jadi kebun binatang buas. “Semuanya tolong diam! Ibu mau ngajar,” kata ibu guru dengan suara lantang tapi pelan.

Gak ada respon.

“Tolong diam!” Ibu guru itu masih berusaha.

Gak ada respon lagi.

“GAK SOPAN!” Ibu guru itu langsung keluar kelas sambil membanting pintu. BRAK.

Kelas langsung sunyi, senyap, dan murid-murid langsung terpaku cengok. Beberapa menit kemudian salah satu murid ada yang nyaut, “Cewek yang tadi guru kita bukan, sih?”


Sumber: http://www.kompasiana.com/
Anak muda zaman sekarang seperti gak kenal sopan santun dan sikap saling menghargai kepada yang lebih tua. Contohnya seperti ibu guru di atas yang dicuekin oleh murid-muridnya. Kalo emang ingin ngobrol atau apalah saat di kelas, ya mesti tau batasnya.


Sumber: http://www.malumau.com/
Cerita di atas pun ngasih gua gambaran kalo anak muda yang pacaran itu gak kenal tempat dan waktu. Anak muda yang pacaran di kelas saat jam pelajaran pun udah jadi hal yang biasa. Kalo bener emang mau pacaran, ya mestinya tau waktu dan tempat. Pacaran pas malam Jum’at di kuburan kan lebih enak daripada di kelas.


Sumber: http://kaltim.prokal.co/
Lagi, anak muda zaman sekarang tuh susah untuk lepas dari gadget. Makanya gak heran disebut sebagai generasi nunduk. Mau di mana dan kapan aja, ya harus ada gadget yang ngedampingin. Gadget emang punya plus dan minusnya. Ya salah satu plusnya main gadget di sekolah adalah, untuk nimpukin temen yang nyolot.

Satu cerita lagi.


“Lu jadi ngebegal tuh bocah?” tanya Hendri kepada temennya yang sedang menghisap sepuluh batang rokok saat mereka sedang nongkrong berak di sebuah warung terang-terang.

“Tadinya sih mau begitu, tapi gua lagi mau DWP an dulu sama nenek gua,” kata Jefri.

Hendri dan Jefri adalah anak muda nakal asal Afrika yang mendarat di Indonesia hanya karena alasan: Di Indonesia berbuat kejahatan sangatlah mudah. Mereka pun punya prinsip, “Bisa jahat di usia muda. Kenapa mesti nunggu tua?”

Jefri merogoh kantung celananya lalu ngeluarin sebuah bungkusan kecil. “Lu mau ini gak, Hen?” Jefri nawarin si Hendri yang lagi asyik minum es susu mama tiri.

“Emang itu apaan?” tanya Hendri dengan wajah penasaran. Bungkusan kecil itu berisi serbuk putih. Ukurannya seperti obat puyer. Dan anehnya, di bungkusan itu ada tulisan ‘4 sehat 5 sempurna’. Ini semakin bikin Hendri bingung bukan main.

“Ini narkoba jenis baru, Hen. Kalo lu make ini, nyawa lu akan melayang lebih cepet, gak perlu nunggu lama-lama kayak narkoba yang udah pasaran. Harganya pun terjangkau untuk rakyat jelata kayak lu. Mau nyoba gak? Ngetes dulu,” Jefri mulai membuka bungkusan kecil itu.

“Gak ah, Jef. Guaaa.....” kata Hendri agak ragu untuk berkata lebih lanjut.

Jefri mulai nuangin tuh isi bungkusan ke susu mama tirinya Hendri, ia pun berkata, “Cobain dulu aja. Gak usah bawel.”

“Tapi guaaa..... Gua udah mati, Jef. Gua ini hantu. Gua ke sini cuman mau ngasih tau kalo rumah lu kebakaran,” ucap Hendri seperti orang yang ngelantur gara-gara kejedot Tembok Cina.

“HAHAHAHA.... NGACO LU! Mati, kebakaran, gak jelas lu! Mending minum ini aja deh,” Jefri langsung nyodorin gelas susu mama tiri yang udah ditaburi narkoba ke Hendri. Hendri menolak dengan membungkam mulutnya.

Tiba-tiba petugas warungnya dari dalem warung ngomong gini, “Jef, lu udah gila ya ngomong sendiri? Noh, rumah lu kebakaran!”

Jefri langsung kaget. Ia pun tersadar kalo Hendri udah menghilang dari hadapannya. Susu mama tiri yang ia pegang pun tiba-tiba berubah jadi secarik kertas yang bertuliskan, “Selamat! Anda belum beruntung.”


Sumber: http://www.iberita.review/
Sekarang, berbuat kejahatan udah gak kenal umur. Anak muda pun udah gak asing lagi dengan hal itu, seperti halnya Jefri. Begal, tawuran, balapan liar, nongkrong jahat dan yang lainnya seakan udah biasa pada kaum muda yang terjerumus di dunia itu. Buat gua sendiri, berbuat jahat saat masih muda itu gak asyik, karena ntar kalo dipenjara gak bisa nonton kartun Spongebob bercelana pitak lagi.


Sumber: https://fachrydemusikas.wordpress.com/
Musik dari luar negeri udah menjamur di kalangan anak muda masa kini. Sekarang lagi nge trend nya musik DAG DIG DUG DJ DWP apalah itu. Terus biasanya musik DJ kayak gitu adanya di sebuah klub malam yang sering ditongkrongi oleh anak muda metropolitan pada malam hari. Kalo ada pas siang, itu namanya pengajian.


Sumber: http://beritakotamakassar.com/
Narkoba ada banyak jenisnya. Katanya, narkoba itu enak. Katanya lagi, make narkoba tuh awalnya doang yang enak. Seterusnya penggunanya akan jadi kecanduan lalu perlahan-lahan mati karena ada beberapa fungsi tubuh yang rusak. Salah satu fungsi yang rusak dan terlupakan adalah, “Narkoba itu harganya mahal! Kalo mau mati mending minum baygon 2 botol aja! Lebih murah.”


Yang gua bahas di atas adalah beberapa sisi negatif dari anak muda zaman sekarang. Selain sisi negatif, anak muda zaman sekarang pun punya banyak sisi positif. Salah satunya adalah ikutan lomba blogmint untuk bergabung dengan Radiya Dika's #BloggerDreamTeam. Info lebih lengkapnya ada di sini. 


Zaman dulu mana ada lomba blog begituan, kan?

Yoi.

Semoga gua menang.

18 komentar

kesesatan anak muda jaman sekarang hadeh~hadeh
semoga menang bro
nanti kalo menang hadiahnya buat gw ya

Hadeh hadeh emang. Kalo gua menang, lu gua kasih oksigen.

Ahhhh ikutan juga. Otewe tekape

wah wah.. semoga menang bang..
jangan lupa gue ya klo menaangg

Sebenrnya tulisan ini keren, cuma krg fokus

Slow, gua masih muda. Belum pikun

Terima kasih atas masukannya.

Semoga mimpi menangnya terwujud ^^

Keren juga ya, cuplikan postingan ini ada di blog orang. Buseet....

Gue mampir ke sini gegara mampir di http://www.kepanjenkita.com/2016/01/cerita-sesat-untuk-anak-muda.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter sebelumnya. :D

Terima kasih. Itu juga yang masang gua sendiri loh.

Terima kasih sudah mau mengunjungi blog ini. (@Anandamraneh)
EmoticonEmoticon